“STAI Balikpapan Gelar Halal Bihalal dan Umumkan Jadwal Baru”

Media Center STAI-  Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balikpapan sukses mengadakan acara Halal Bihalal dengan sangat khidmat pada Senin, 22 April 2024 di Musholla kampus. Acara ini di hadiri oleh seluruh mahasiswa/i dan para dosen STAI Balikpapan.

Rangkaian acara dimulai dari absensi, pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan, tausiyah, pembacaan doa, dan penutup yang dilanjutkan dengan halal bihalal para mahasiswa dan dosen.

Acara yang berjalan selama hampir dua jam itu tidak hanya berisi tausiyah, namun ada informasi penting bagi para mahasiswa dan dosen yang dimulai dari besok (Selasa, 23/4) seperti yang disampaikan oleh Bapak Iskandar selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik.

“Mulai besok jam perkuliahan yang awalnya dimulai pukul 20.00 menjadi 19.30 dengan jam pulang tetap seperti biasa, yaitu pukul 22.00. Dengan keputusan ini sehingga bisa meningkatkan waktu belajar dan memberikan tambahan waktu bagi para dosen yang mengajar.” Ucap beliau.

Tak hanya itu, terdapat juga perubahan yang akan menjadi rutinan mingguan. Kedepannya setiap malam jumat dilakukan yasinan dengan sistem bergilir, yakni semisal semester 2A minggu ini melaksanakan yasinan, minggu depan akan dilakukan semester 2B. Tetapi jika ada dari semester lain ingin bergabung dipersilahkan.

Kegiatan ini menjadi upaya membangun kampus STAI untuk menjadi lebih baik dan lebih maju, melalui jalur bumi (perbuatan) dengan melakukan perubahan serta tambahan serta jalur langit (ibadah) yang menjadi rutinan mingguan. Diperkuat oleh sambutan Bapak Arief selaku Ketua STAI Balikpapan.

“Keberhasilan tidak hanya dicapai melalui usaha yang terlihat secara fisik, tetapi juga melalui usaha batin yang melibatkan dzikir dan doa.” Ucap beliau. Sehingga beliau menekankan betapa pentingnya menjaga keseimbangan antara usaha dhohir dan usaha batin dalam mencapai keberhasilan yang sejati.

Di dalam tausiyah yang dibawakan oleh Ustadz Rusdiannoor selaku Dosen STAI menceritakan keistimewaan seseorang yang dirindukan oleh Nabi Muhammad SAW, salah satunya para penuntut ilmu. “Nabi menghargai dan merindukan mereka karena mereka berusaha dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka. Nabi menganggap mereka sebagai orang yang istimewa karena mereka mengabdikan diri mereka dalam pencarian ilmu.” Ucap beliau.

Acara Halal Bihalal ini menjadi momentum berkesan bagi para mahasiswa dan dosen untuk bisa saling meminta serta memberi maaf. Halal Bihalal diakhiri dengan saling salam-salaman diiringi dengan shalawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *