Pentingnya Pendidikan Kerakter Bagi Seorang Anak

STAI Balikpapan- (character education) pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat penting bagi dunia pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada anak yang didalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Scara terminologi pendidikan karakter mulai dikenalkan sejak 1900-an. Thomas Lickona, mengusung pendidikan karakter Barat. Ia menulis buku berjudul The Return of Character Education dan Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Melalui karya tulisnya itu, Lickona makin membuka wawasan dunia Barat pentingnya pendidikan karakter.

pendidikan karakter juga berhubungan erat dengan pendidikan moral untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna menyempurnakan diri kearah hidup yang lebih baik.

Pendidikan tersebut seharusnya dilakukan sejak dini, yaitu sejak masa kanak-kanak dari lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, serta memanfaatkan berbagai media belajar. Dalam dunia pendidikan peserta didik harus ditanamkan nilai-nilai dalam karakter yang bersumber dari Agama, Pancasila, dan Budaya.

Diera globalisasi saat ini akan berdampak pada perubahan karakter masyarakat Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, mari kita sebagai guru, dosen dan orang tua senantiasa menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak didiknya./abd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *